CATATANKU Bagian 3 - PR WRITING & E-JORNALISM - MIND MAPPING
Hani Fitri (03202140032)
Ilmu Komunikasi
Semester 4
Dosen pengampu : Serepina Tiur Maida S.Sos.,M.PD.,M.I.KOM
Holaaaa kukiers!!!! It’s me Honey, gimanaaa nihh
puasa nyaaa lancar kannn?? Masih semangat dongg pastiii xixie. Btw kukiers,
kalian tau ga sihhh peran penting Public Relations di Era Digital apa ajaa?? Okkk
kukiers kali ini honey akan menjelaskan Peran penting Public Relations di
Era digital dalam bentuk Mind Mapping yaaaahhh
Nahh kukiers ini diaaa mind mapping nyaaa, mungkin langsung aja yaahh honey jelasin isi dari mind mapping public relation diatas
1. Menggiring Opini
Okkk kukiers, jadii opini publik adalah hal yang paling penting karena mampu menciptakan sentimen. Simplenya gini kukiers, sentimen positif akan memberi citra yang baik untuk bisnis, dan sebaliknya untuk sentimen negatif.
Kenapa sih menggiring opini public penting bagi seorang Public Relations?? Karna kukiers, Opini publik dapat menjadi cerminan bagi suatu perusahaan untuk meningkatkan kualitasnya lebih baik lagi. btw Kukiers, pada tau gaa nih gimana seorang Public Relation membentuk opini public?? Jadi gini yaa kukiers, seorang Public Relations harus mengemas berita dan informasi dalam kemasan yang menarik dan mudah diterima masyarakat melalui segala teknologi yang ada pada saat ini sehingga dapat menjangkau pada semua lapisan masyarakat.
2. Mengelola Akun Sosial
Jadii kukiers, membangun reputasi di era digital saat ini adalah tantangan yang harus di hadapi oleh seorang PR lhooo!! Seorang Public Relations hukum nya wajib nih kukierss untuk menjalin hubungan dengan media atau yang selanjutnya disebut dengan Media Relations. Kukiers pada tau kaann di era digital sekarang ini memaksa semua lini bisnis bergerak secara online, dan akun sosial merupakan muaranya. Nah ini kukiers yang harus di maksimalkan dari seorang Public Relations.
Jadi kukiers, Dengan akun sosial, PR ga akan nih mengalami yang namanya one way street, apasihhh one way street?? Okkk honey bantu jelasin yaahh kukiers , jadi one way street ituu kondisi di mana pesan dikirim tapi tidak sampai dengan efektif. Media sosial memungkinkan pesan dikirim ke segmen yang dipilih dengan disertai feedback sehingga tak bertepuk sebelah tangan. Nah, dengan berbekal akun sosial nih kukiers, seorang PR bisa merumuskan pendekatan yang tepat pada segmen yang dipilih. Jadi bisa Mengetahui siapa yang menjadi target itu jelas penting yaaa kukiers walaupun ga mudah untuk di lakukan.
3. Mengelola Konsumen
Jadiii gini lhooo kukiers, Seorang PR punya peran khusus dalam menjaga konsumen. Satu isu kecil sudah cukup mampu menghancurkan citra yang dibangun perusahaan, dan situasi seperti ini jelas harus dikelola dengan langkah terbaik agar tak melebar kukiers. Nah kukiers, Konsumen sangat rentan terhadap informasi apapun, dan menjadi tugas PR untuk menjaga arus informasi tetap relevan saat diserap oleh target bisnis. Mengelola konsumen jelas terkait dengan membangun komunitas yang solid, dan itu jelas perlu strategi tak biasa yaa kukiers.
Jadii kukiers, Aktivitas Humas dilakukan untuk menanamkan kepercayaan pada masyarakat dan pada konsumen akan produk yang dihasilkan perusahaan. Seorang PR juga akan memberikan masukan dan rekomendasi kepada bagian produksi atas barang yang akan dibeli konsumen.
4. Membuat Strategi Publikasi
Okkk gini kukiers, Strategi publikasi ini mampu membangun citra yang kuat dan efektif yang nantinya bisa memberi ciri khas dibanding bisnis lain di bidang yang sama kukiers . Efeknya bahkan lebih besar lhoo kukiers karena pada dasarnya mampu menciptakan segmen baru, menarik lebih banyak klien, dan mendekatkan diri pada tujuan yaa kukiers.
okeyyy, mungkin sampai disini dulu yaa kukiers informasi dari honey tentang peran penting Public Relations di Era Digital , semoga bisa bermanfaat yaaa kukiers, sampai ketemu di blog selanjutnyaaa, see u kukiers!!!
Referensi
https://hrdspot.com/blog/dianggap-sepele-ternyata-ini-peran-penting-public-relation-di-era-digital/
https://binus.ac.id/malang/2017/09/media-relations-sebagai-konsistensi-public-relations-dalam-membangun-reputasi-perusahaan/
Komentar
Posting Komentar