CATATANKU Bagian 1 - PR WRITING & E JOURNALISM - KONSEP MEDIA PUBLIC RELATIONS
Hani Fitri (03202140032)
Ilmu Komunikasi
Semester 4
Dosen pengampu : Serepina Tiur Maida S.Sos.,M.PD.,M.I.KOM
Holla Kukiers!! Kembali lagi di blog honeyyy, ok kukiers gimana nih kabar nya??lagi baik kah mood nyaaa??Semogaaa selalu baik yaaah mood nya xixie, Btw kukiers hari ini honey ada beberapa info lohh tentang Konsep media Publik Relations
Okeyyy, langsung aja ke info pertama yaaah
Kukiers pada tau gasihhh Hubungan media : Bad News is Bad PR itu apa??
Jadi kukiers, keberhasilan seorang Public Relations dalam mencegah terjadinya informasi negatif dapat di artikan sebagai keberhasilan kerja dari seorang pr, ada loh kukiers 1 prinsip yg di akui oleh para praktisi public Relation, prinsip nya yaitu : " Bad news is bad public relations" yg artinyaa berita buruk adalah public relation yang buruk
Pasti kukiers bingung ga sih maksud dari prinsip "Bad News is Bad Public Relations" okkk jadi gini kukiers, seorang Public Relations itu bisa mengurangi munculnya berita berita negatif, jadi berita berita negatif itu di pandang dari pendekatan Public Relations yang kemungkinan terjadi karena Tersumbatnya saluran komunikasi antar perusahaan dengan karyawan, konsumen ataupun media yg dimana Pr gagal memposisikan sebagai "Dominat-Coalition, baik di level top management ataupun di level grass -roots m, dan jugaa kukiers, Hubungan media yang kurang baik, jadii akses media untuk memperoleh informasi terbatas sehingga media tidak puas terhadap informasi yang disampaikan perusahaan
Kukiers, kalian penasaran ga sihhh gimana seorang PR membina hubungan baik yang efektif dengan media(pers)????
Ok kukiers, jadiii dalam menjalankan tugas sebagai seorang PR tentunyaa sangat penting nih kukiers untuk menjalin hubungan baik dengan media atau pers. Karena media dan pers itu sangat membantu kegiatan dalam Public Relations, media dan pers juga bisa loh kukiers menjadi penghubung antatra organisasi/perusahaan dengan publiknya, jadii sangat penting kan seorang PR untuk membina hubungan yg baik dengan media dan pers nya, pasti kukiers penasaran kan gimana sihhh caranya seorang PR membina hubungan komunikasi yg efektif dengan media dan pers?
Ok langsung aja nih kukiers, Yang pertama melalui kontak pribadi, yang dimana hubungan melalui kontak pribadi ini bisa menjadikan seorang PR lebih dekat dan menjadi lebih baik dengan pers.
Yang kedua, menghindari pertentangan antara PR dan Pers, jadi gini kukiers, Pers itu punya tujuan untuk mendapatkan berita bagaimana pun caranya, sedangkan seorang PR memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menjaga citra positif suatu perusahaan, oleh karena itu kukiers Seorang PR harus memberi konfirmasi tentang isu kepada pihak pers dan juga harus tetap menjaga rahasia perusahaan dari media, sehingga kukiers pers tetap mendapatkan berita dan PR tetap dapat menjaga citra positif perusahaan nya.
Kukiers tau gaa nihh apa aja karateristik media???
Jadi karateristik media itu ada 5 loh kukiers
Yang pertama, Kampanye periklanan dan kampanye PR yang bisa digunakan di berbagai macam media
Yang kedua, Para praktisi PR berhubungan dengan para editor, jurnalis, serta para produser TV dan radio, sedangkan para praktisi periklanan lebih banyak berhubungan dengan para manager iklan dari berbagai perusahaan, petugas iklan di media massa (radio, koran, televisi, majalah, dan sebagainya).
Yang ketiga, Iklan sifatnya jauh lebih komersial dibandingkan dengan PR.
Yang keempat, Kampanye periklanan biasanya dilakukan terbatas pada media-media yang bisa diharapkan akan membuahkan hasil maksimal (misalnya lonjakan penjualan) dengan biaya serendah-rendahnya. Sedangkaan kampanye PR bersedia menggunakan media apa saja, asalkan bisa menjangkau sebanyak mungkin khalayak.
Yang kelima, Tidak seperti dunia periklanan, dunia PR dapat menggunakan berbagai media khusu seperti jurnal-jurnal internal, buletin atau sekedar majalah dinding.
Kukiers, pada tau ga siieee kebutuhan media yang harus di layani Praktisi Public Relations??
Jadi gini kukiers, ada 4 kebutuhan utama yang di butuhkan media, apa aja sih?
Yang pertama nih kukiers, ada informatif,
artinyaa PR harus mampu memberikan informasi atau data terkini, yang bisa di bilang up-to-date lah ya kukiers, dalam format multimedia, dan selain itu kukiers, PR juga harus rutin nihh, meng -up date website maupun media sosial
Yg kedua, kreatif
Yang dimana kukiers, informasi yang disajikan kepada media dapat dikemas dalam bebagai angle penulisan, ada juga nih kukiers bentuk lainn, yaitu dengan menawarkan wawancara eksklusif dengan petinggi perusahaan.
Yg ketiga, yaitu komunikatif
Artinya gini kukiers, seorang PR harus mudah di hubungi atau diakses, pro-aktif, dan juga harus mampu membangun hubungan dua arah, maksud dari 2 arah itu gini kukiers, seorang PR harus mau mendengar dan juga menerima masukan
Yg keempat, yg terakhir nih kukierss, pasti pada penasaran nihhh, apasih yg terakhirrr, jadi kukiers yg terakhir media itu membutuhkan Strong media bonding, apa sihh maksudnyaa??? Gini kukiers jdii maksudnya ituu, PR harus mampu membangun hubungan emosional dengan media, contohnya ya kukiers, dengan meng-up date isu atau informasi terkini, membuat pertemuan secara berkala dengan media jg bisa loh kukiers, contoh nya menggelar kegiatan outbond bersama media atau juga bisa memberikan kesempatan kepada media untuk menjadi pembicara di sejumlah kegiatan internal perusahaan
okeyyy, mungkin sampai disini dulu yaa kukiers informasi dari honey tentang Konsep Media Public Relations, semoga bisa bermanfaat yaa kukiers, sampai ketemu di blog selanjutnyaa, see u kukiers!!
Referensi
https://www.scribd.com/document/478395603/Karakteristik-Media-Relatioan#
https://jendelanasional.id/headline/ini-4-kebutuhan-media-yang-harus-dilayani-praktisi-public-relations/
https://slideplayer.info/slide/13879480/
https://jendelanasional.id/headline/ini-4-kebutuhan-media-yang-harus-dilayani-praktisi-public-relations/
http://rannyverwani2007.blogspot.com/2018/04/publik-humas-karakteristik-media-humas.html
Komentar
Posting Komentar